sebagai lanjutan dari soal 2 smp dan 3 smp..berikut ini soal latihan dan pembahasan biologi 3 smp...
selamat belajar ya.....
1.
Perkembangan biologi didukung
oleh penemuan peralatan yang digunakan para ahli. Salah satunya yaitu dengan
ditemukannya mikroskop pada tahun 1600-an oleh Anthony van Leeuwenhoek. Fungsi
dari mikroskop adalah …..
- memperpanjang bayangan benda
- memperkecil bayangan benda
- memperpendek bayangan benda
- memperbesar bayangan benda
2. Salah satu ciri makhluk hidup adalah melakukan metabolisme. Metabolisme artinya ……..
- Mampu mengubah zat organik menjadi zat anorganik
- mampu menanggapi rangsang
- mampu melakukan berbagai reaksi kimia di dalam tubuh
- mampu tumbuh dan berkembang
3.
Kelinci, ulat dan tikus
merupakan contoh hewan yang termasuk …….
- omnivor C. autotrof
- karnivor D. herbivor
4.
Pernyataan berikut yang salah
tentang klasifikasi adalah ………
- organisme yang memiliki beberapa persamaan ciri akan dimasukkan ke dalam spesies yang sama
- klasifikasi bertujuan untuk memudahkan mempelajari makhluk hidup
- semua organisme dikelompokkan ke dalam golongan yg sama
- Organisme yang memiliki sedikit persamaan ciri dikelompokkan dalam tingkatan takson yang tinggi
5.
Beberapa faktor lingkungan yang
berpengaruh terhadap keanekaragaman organisme adalah, kecuali ….
- suhu C. makanan
- cahaya D. tumbuhan dan hewan
6.
Cara penulisan nama ilmiah dari
katak yang benar adalah …….
- Rana pipiens
- Rana pipiens
- rana pipiens
- Rana Pipiens
7.
Di bawah ini adalah gambar
struktur tubuh virus. Hal Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri virus adalah
……
A.
Tubuh tersusun dari lipoprotein
B.
hidup sebagai parasit
C.
berukuran sangat kecil
D.
reproduksi dengan cara membelah
diri
8.
Penyakit AIDS yang disebabkan
oleh virus HIV menyebabkan penderita ……
- mengalami penurunan kekebalan tubuh
- mengalami peningkatan sel darah putih di dalam tubuhnya
- semakin segar bugar
- kehilangan keanekaragaman hayati
9.
Organisme di bawah ini tidak
dimasukkan ke dalam kingdom tumbuhan atau hewan karena… ……
- Berkembangbiak dengan spora
- hidup secara parasit
- tidak berbunga
- tidak berkloproplas, dinding sel dari zat kitin
10.
Kingdom monera bersifat
prokariotik. Organisme prokariotik adalah organisme yang ………
- Tanpa membran inti
- Tanpa inti
- Tanpa membran sel
- Tanpa asam inti
11.
Berikut beberapa ciri-ciri
tumbuhan:
1.
memiliki klorofil
2.
memiliki xylem dan floem
3.
memiliki akar, batang dan daun
sejati
4.
memiliki rizoid (akar semu)
Ciri-ciri lumut ditunjukkan oleh nomor ……..
- 1 dan 4 C. 2 dan 3
- 1 dan 3 D. 2 dan 4
12.
Pohon di bawah merupakan
tumbuhan yang berklorofil sehingga dapat hidup secara…
A. heterotrof
B. autotrof
C. parasit
D. saprofit
13.
Tumbuhan yang termasuk golongan
monokotil adalah ……
- kentang, tomat C. jagung, kelapa
- mangga, semangka D. terong, pisang
14.
Jenis cacing yang dijadikan
indikator kebersihan lingkungan adalah ……..
- cacing tambang C. lintah
- cacing isap D. Planaria
15.
Serangga di atas mengalami metamorfosis sempurna. Urutan daur hidup
serangga di atas adalah…
- Pupa-imago-telur-ulat
- Telur-pupa-ulat-imago
- Ulat-pupa-telur-dewasa
- Telur-ulat-pupa-imago
16.
Seorang siswa mengamati seekor
hewan dengan ciri-ciri memiliki kepala dan badan belakang yang panjang. Di
setiap ruas tubuhnya terdapat sepasang kaki. Dia berkesimpulan hewan tersebut
termasuk kelas …….
- Myriapoda C. Mollusca
- Insecta D. Crustacea
17.
Di bawah ini adalah contoh
hewan yang berdarah panas (homoiterm) kecuali…….
- ayam dan merpati
- ikan paus dan singa
- monyet dan kuda
- katak dan buaya
18.
Pernyataan berikut yang salah adalah …….
- penyebab penyakit cacing pita adalah daging sapi dan babi
- tubuh cacing pita dapat bertambah panjang akibat pembelahan bagian ekornya
- setiap ruas tubuh cacing pita mampu melakukan kehidupan sendiri (makan, bernafas, bereproduksi)
- larva cacing pita yang kita telan dapat tumbuh menjadi cacing pita baru di dalam usus
19.
Kucing dan harimau dimasukkan dalam kelompok yang sama karena mempunyai
persamaan ciri bentuk luar yang sama. Identitas yang dilakukan adalah identifikasi
berdasarkan persamaan….
A. morfologi C. anatomi
B. fisiologi D. tingkah laku
20.
Urutan tingkatan takson dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi
adalah ….
A. spesies – genus – familia – ordo –
kelas
B. spesies – genus – ordo – familia – kelas
C. spesies – genus – kelas – ordo –
familia
D. genus – spesies – familia – genus –
kelas
E. kelas – ordo – familia – genus – spesies
kunci jawabanny silahkan download disini ya,,,,
semoga membantu....
semoga bermanfaat....
:)
Kami juga menjual DVD e learning pelajaran sekolah.DVD tersebut menyediakan soal dan pembahasan dari beberapa ujian nasional . materinya disajikan secara menarik dan animasi agar para pelajar tidak cepat bosan. Silahkan bagi yang berminat bisa melihat informasinya dibawah ini..
JUAL DVD E LEARNING PELAJARAN SEKOLAH. KLIK DISINI!!!!!
:)
Kami juga menjual DVD e learning pelajaran sekolah.DVD tersebut menyediakan soal dan pembahasan dari beberapa ujian nasional . materinya disajikan secara menarik dan animasi agar para pelajar tidak cepat bosan. Silahkan bagi yang berminat bisa melihat informasinya dibawah ini..
JUAL DVD E LEARNING PELAJARAN SEKOLAH. KLIK DISINI!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar