untuk artikel pertama ,saya kutip dari sini,,,
http://edukasi.kompas.com/read/2013/01/12/18470347/Kurikulum.Baru.Guru.Tak.Perlu.Resah?utm_source=WP&utm_medium=Ktpidx&utm_campaign=
Kurikulum Baru, Guru Tak Perlu Resah
Penulis : Riana Afifah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan
mengenai Kurikulum 2013 saat berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas,
Jakarta, Jumat (21/12).
"Perubahan kurikulum hanya kegiatan akademis murni, jadi nggak perlu dipolitisi. Guru juga tidak perlu khawatir," kata Nuh saat Sosialisasi Kurikulum di Universitas Terbuka, Tangerang, Sabtu (12/1/2013).
Ia menambahkan bahwa kurikulum yang digagas saat ini hanya mengatur jumlah minimal muatan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Misalnya saja, untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) minimal harus ada enam mata pelajaran yaitu Agama, bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, Seni Budaya dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
"Jadi guru-guru bidang studi seperti guru bahasa Inggris, bahasa daerah, guru TIK tidak perlu khawatir. Nanti semua bidang studi ini akan diintegrasikan," jelas Nuh.
Seperti diketahui, mata pelajaran bahasa daerah ini akan masuk dalam mata pelajaran Muatan Lokal yang ada di tiap sekolah. Sementara mata pelajaran Bahasa Inggris tetap diajarkan seperti biasa kecuali untuk jenjang SD yang tidak wajib. Sedangkan mata pelajaran TIK akan diintegrasikan dengan mata pelajaran lain.
Ia juga menjelaskan bahwa perubahan kurikulum ini bertujuan agar siswa dapat bersaing sesuai tuntutan masa depan dan siap menjawab tantang global. Dengan demikian, sekolah yang ada tidak akan melahirkan generasi usang atau terlambat dalam hal penguasaan pengetahuan.
untuk bandingannya ,coba baca yang ini,,
sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2013/01/08/mencermati-perubahan-kurikulum-2013-517510.html
Mencermati Perubahan Kurikulum 2013
Sejauh yang penulis alami baik ketika masih di
sekolah, sedang kuliah maupun sudah menjadi guru atau pendidik,
perubahan kurikulum pendidikan nasional kita adalah pada tahun 1984
(Kurikulum 1984) dengan adanya istilah GBPP (Garis Besar Program
Pengajaran), lalu pada tahun 1994 (Kurikulum 1994) yang selanjutnya
direvisi pada tahun 1997, dan kurikulum 2004 (Kurikulum 2004) atau lebih
dikenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang selanjutnya
direvisi lagi pada tahun 2006 menjadi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) sampai sekarang ini (Tahun Pelajaran 2012-2013).
Menjelang tahun baru 2013 dan memasuki tahun pelajaran 2013-2014 ini,
Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Nasional sedang
mensosialisasikan kurikulum baru lagi yaitu kurikulum 2013. Berdasarkan
catatan penulis banyak pihak yang berharap adanya perubahan positif dari
kurikulum baru ini, namun disisi lain ada juga atau tidak sedikit yang
merasa pesimis atau tidak berharap banyak dari perubahan kurikulum 2013
ini dengan berbagai argumen dan catatan yang ada. Sehingga opini
masyarakat berdasarkan kliping koran dan media masa yang penulis
kumpulkan cukup beragam dengan berbagai macam catatan.
Yang penulis dapatkan ketika kuliah bahwa kurikulum
kita mengalami perubahan umumnya adalah 10 tahun sekali, coba
perhatikan dari 1984, 1994 dan 2004, walaupun disela-sela waktu itu ada
koreksi seperti di tahun 1997 dan 2006 tetapi siklus 10 tahunan itu
konsisten dijalankan. Meskipun kurikulum periode sebelumnya tidak
mengacu pada 10 tahunan seperti kurikulum 1975 (Kurikulum Sekolah
Dasar), kurikulum 1973 (Kurikulum Proyek Perintis Sekolah Pembangunan),
kurikulum 1968 (Kurikulum Sekolah Dasar), kurikulum 1964 (Rencana
Pendidikan Sekolah Dasar), serta kurikulum 1947 (Rencana Pelajaran, yang
dirinci dalam rencana pelajaran terurai).
Jika kita konsisten mengikuti siklus 10 tahunan
seperti di atas maka perubahan kurikulum 2013 dianggap terlalu dini,
karena seharusnya kalau mau dirubah adalah nanti pada tahun 2014 atau
setelah terpilih presiden baru dan menteri yang baru, wajar jika ada
yang beropini bahwa perubahan kurikulum 2013 terkesan dipaksakan, tidak
berdasarkan kajian atau hanya mengejar target proyek semata. Terlepas
dari benar atau tidaknya opini di atas maka menurut hemat penulis lebih
baik kita berbicara masalah latar belakang, substansi serta tujuan
perubahan kurikulum itu sendiri yang lebih penting dan produktif untuk
kita diskusikan daripada kita berasumsi seperti di atas yang belum tentu
bermanfaat bagi kita.
Substansi perubahan kurikulum bukan hanya sekedar
perubahan isi dan materi, jumlah pelajaran dan jam pelajaran tetapi
perubahan ruh atau semangat yang terkandung dalam kurikulum itu sendiri.
Yang lebih penting lagi adalah bagaimanan perubahan tersebut muncul
dari bawah, muncul dari guru-guru yang menjalankan langsung serta
berhadapan dengan peserta didik, bukan perubahan yang tiba-tiba (atau
ujug-ujug) datangnya dari atas sehingga guru terkadang gagap dengan
perubahan pada kurikulum.
Budaya pendidikan kita yang harus di bangun
untuk ke depan adalah bagaimana supaya perubahan kurikulum bukan hanya
dari atas atau dari para pakar pendidikan tetapi harus dqari berbagai
sisi seperti menyerap aspirasi dari guru berdasarkan catata ia selama 5
s/d 10 tahun menjalankan kurikulum yang ada, juga berdasarkan kajian
lapangan serta daya adaptasi lingkungan, perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi terhadap kurikulum tersebut atau sebaliknya, sehingga
perubahan kurikulum benar-benar tepat sasaran, dinantikan dan dapat
dirasakan manfaatnya oleh seluruh stakeholder pendidikan.
Budaya yang lainnya yang harus kita bangun
adalah karakter guru dan murid harus benar-benar menjadi fokus utama
dalam pembanguna pendidikan ke depan, perubahan kurikulum sebagus
apapun tetapi kalau tidak diban bagun sikap, moral dan akhlak guru
sebagai pendidiknya dan siswa sebagai peserta didiknya maka mustahil ruh
atau semangat yang ada dalam kurikulum tersebut tidak akan mampu
diwujudkan, karena guru dan siswa, pendidik dan peserta didik adalah
menjadi bagian penting pendidikan serta kurikulumnya sendiri selain dari
faktor sarana-prasarana, lingkungan, strategi, metode dan media.
Manfaat lainnya jika kita menerapkan pola budaya di
atas akan membantu pemerintah dan kementrian nasional serta meringankan
beban dalam hal sosialisasi kurikulum karena yang di lapangan akan
langsung mencerna perubahan yang ada, di samping itu SDM pendidikan kita
yang ada akan lebih berdaya dan diberdayakan, semoga menjelang tahun
pelajaran baru 2013-2014 kita lebih dewasa, arif dan bijaksana dalam
menyikapi setiap perubahan yang ada, termasuk perubahan dalam kurikulum
2013 yang kita hadapi nanti, Wallahu a’lam. [DM]
kita berharap,apapun yang diputuskan nantinya akan membawa manfaat untuk dunia pendidikan di Indonesia,. semogaaa,,,
apakah anda sedang mencari file ini???
pembahasan soal impuls dan momentum, arus dan tegangan listrik bolak balik, BARISAN DAN DERET UNTUK IPA, TEORI IMPULS DAN MOMENTUM, INDUKSI MAGNETIK DAN MEDAN MAGNETIK, MEDAN MAGNET, SERIAL NUMBER IDM, PROGRAM LINIER, INDUKSI MAGNETIK, PEMBAHASAN MATDAS SNMPTN 2006, PEMBAHASAN MATEMTAIKA SMA, DOWNLOAD IDM 6.05, DIMENSI TIGA,TUTORIAL NO. 1, SILDER MEKANIS 2, PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT, SISTEM PERSAMAAN LINIER DAN FUNGSI KUADRAT, DIFFERENSIAL IPA, PEMBAHASAN SOAL TENTANG ODE, VEKTOR IPA,
apakah anda sedang mencari file ini???
pembahasan soal impuls dan momentum, arus dan tegangan listrik bolak balik, BARISAN DAN DERET UNTUK IPA, TEORI IMPULS DAN MOMENTUM, INDUKSI MAGNETIK DAN MEDAN MAGNETIK, MEDAN MAGNET, SERIAL NUMBER IDM, PROGRAM LINIER, INDUKSI MAGNETIK, PEMBAHASAN MATDAS SNMPTN 2006, PEMBAHASAN MATEMTAIKA SMA, DOWNLOAD IDM 6.05, DIMENSI TIGA,TUTORIAL NO. 1, SILDER MEKANIS 2, PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT, SISTEM PERSAMAAN LINIER DAN FUNGSI KUADRAT, DIFFERENSIAL IPA, PEMBAHASAN SOAL TENTANG ODE, VEKTOR IPA,
SLIDER MEKANIS 4 , PROGRAM LINIER IPA, FUEL CELL ,BUKU DASAR2 EKONOMI TEKNIK, SLIDER MEKANIS , PENYELESAIAN LAPLACE, CARA MEMBUAT BAUT, SLIDER MEKANIS 3, PICK PICK EDITOR, TUTORIAL BUAT LINGKARAN, PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR, LIMIT FUNGSI, SAVE AS PDF, PEMBAHASAN MATDAS 2009, EXTRUDE LOFT, LIMIT FUNGSI, SOLIDWORK SLIDER MEKANIS 1,SISTEM PERNAFASAN PADA MANUSIA, PEMUAIAN PANJANG, KIMIA, KISI UN SD 2010, PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA, INTEGRAL IPA, PDF PASSWORD REMOVER, FISIKA 2 SMA EBOOK MM 2 SMA, EBOOK 2 SMA BIOLOGI PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar