Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Kamis, 21 Februari 2013

AYO ..JANGAN SALAH PILIH JURUSAN....

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Buat adek-adekku yang baru akan lulus SMA maupun sederajat yang mau melanjutkan keperguruan tinggi, hati hati dalam milih jurusan. Ingat jurusan yang anda pilih adalah bisa menjadi surga dan juga bisa menjadi petaka. Akan menjadi surga bila anda tepat dalam memilih jurusan, begitu juga sebaliknya, akan menjadi petaka apabila anda tidak tepat cara memilihnya.

Tidak bisa kami pungkiri bahwa banyak Mahasiswa tidak tepat dalam memilih jurusan. Jurusan yang lagi ngetran, mempunyai prospek kerja yang bagus adalah salah satu penyebabnya. Jurusan yang lagi ngetran dan mempunyai prospek kerja yang bagus sekarang sudah menjadi pradigma di Masyarakat. Menurutnya dengan memilih jurusan itu masa depan anak-anak mereka akan menjadi cerah. Pradigma ini sudah lama tertanam, sehingga tidak heran jika rata-rata lulusan sekarang tidak bisa berkiprah dalam kehidupan sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuhnya sewaktu ada dibangku kuliah.

Ada yang jurusannya pertanian ketika lulus menjadi seorang jurnalis, ada juga yang menjadi sales padahala ketika kuliah jurusannya teknik informatika. Hal-hal seperti ini bisa terjadi tentunya yang menjadi salah faktor adalah kesalahan dalam memilih jurusan. Potensi yang dimiliki tidak lagi menjadi pertimbangan utama dalam memilih bidang ilmu yang hendak dipelajari. Kalau misalnya punya potensi dibidang jurnalis kenapa tidak memilih jurusan jurnalistik?. Atau jika skillnya disales kenapa tidak didalami dijurusan marketing? Bukankah itu akan mendapatkan hasil yang lebih baik?

Sebagus apapun prospek jurusan yang kita pilih itu bukan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Yang menjadi modal adalah potensi yang kita miliki, baik hard skill maupun soft skill. Sebut saja informatika adalah salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja yang bagus, namun kenapa alumni informatika masih banyak kebingungan mau berkarir dimana? Jalan terakhir yang mereka ambil adalah kerja dibidang apapun yang penting bekerja. Ada yang menjadi pedagang obat, buka counter,dan lain sebagainya. Sayang sekali Ilmu yang didapatkan waktu kuliah berhenti seiring turunnya Ijazah.

Berikut saya kasih sedikit gambaran buat adek-adekku yang mau kuliah, yaitu cara memilih jurusan yang tepat dan insyaAllah penuh dengan manfaat:

1. Pilihlah jurusan sesuai potensi yang anda miliki, misalnya mempunyai potensi dibidang ekonomi, pilihlah jurusan ekonomi. Dan lain-lain Gali informasinya dengan jelas, mulai dari kelebihan, kekurangan, pembiayaan,peluang maupun tantangannya
 
2.Sesuaikan dengan kesukaan, tapi ingat potensi yang telah dimiliki harus menjadi pertimbangan.
 
3. Sesuaikan dengan cita-cita masa depan anda.

4. pikirkan juga prospek jurusan tersebut. kan gak lucu,kita diterima di suatu jurusan tetapi jurusan tersebut belum memiliki prospek yang bagus. artiinya apa,permintaan tenaga kerja dari bidang itu kecil. maka info sangat penting tentang pekerjaan yang dibutuhkan sekarang ini. rajin bertanya kepada guru,tentor atau orang yang sudah berpengalaman,setidaknya ini akan sangat membantu

Ini sedikita gambaran dari saya cara memilih jurusan yang tepat, dan tidak menutup kemungkinan masih ada cara-cara lain selain yang ada disini. Dengan demikian masukan dari pembaca adalah bagian dari warna yang indah yang akan senantiasa menghiasi tulisan ini. Semoga bermanfaat.
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :

Teman teman :