Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Sabtu, 27 Juli 2013

Apa itu CFD ?

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh...berikut ini pengertian tentang CFD .
CFD , singkatan dari computational fluid dynamic, yang bila di Indonesia kan adalah perhitungan dinamika fluida secara komputasional dengan bantuan komputer .yang termasuk Dinamika fluida yaitu pergerakan fluida(kecepatan), suhu ,transfer massa  , tekanan dan lainnya .
CFD merupakan metode yang sering digunakan engineer untuk menganalisa suatu desain ataupun model , untuk dilihat apakah model tersebut sudah sesuai dengan yang dia inginkan sesuai ilmu ketekanikan.
CFD merupakan metode penghitungan dengan sebuah kontrol dimensi, luas dan volume dengan memanfaatkan bantuan komputasi komputer untuk melakukan perhitungan pada tiap-tiap elemen pembaginya. Prinsipnya adalah suatu ruang yang berisi fluida yang akan dilakukan penghitungan dibagi-bagi menjadi beberapa bagian, hal ini sering disebut dengan sel dan prosesnya dinamakan meshing. Bagian-bagian yang terbagi tersebut merupakan sebuah kontrol penghitungan yang akan dilakukan oleh aplikasi atau software. Kontrol-kontrol penghitungan ini beserta kontrol-kontrol penghitungan lainnya merupakan pembagian ruang yang disebutkan tadi atau meshing. Nantinya, pada setiap titik kontrol penghitungan akan dilakukan penghitungan oleh aplikasi dengan batasan domain dan boundary condition yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :

Teman teman :