Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Minggu, 07 Desember 2014

Fungsi Steam Drum

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Saya akan coba menshare tentang Steam Drum.
                                                                Gambar Steam Drum
                                                                Gambar Penampang Steam Drum

Steam Drum merupakan peralatan yang vital pada PLTU. Steam drum berfungsi sebagai tempat "penampungan" air dan uap air. Steam drum memiliki saluran dari feedwater system sebagai inputnya sedangkan outputnya terdapat saluran menuju ke superheater

Proses Pemanasan
Steam drum memiliki saluran air yang disebut down comer(saluran air yang keluar dari steam drum dan berlokasi di luar boiler) dan saluran uap yang disebut wall tube(wall tube ini merupakan saluran lanjutan downcomer dan berada di dalam boiler). Downcomer dan wall tube ini merupakan satu saluran namun hanya dibedakan penyebutannya saja. Sirkulasi didalam saluran ini didasarkan atas perbedaan gravitasi dimana air yang dingin(berada di dalam downcomer) memiliki massa jenis yang lebih besar sehingga lebih berat sedangkan Uap panas(berada didalam wall tube. uap ini berupa pemanasan air yang berasal dari downcomer) memiliki massa jenis yang lebih ringan sehingga akan naik dan masuk ke steam drum. Level air dan uap didalam steam drum ini ditentukan untuk tujuan pengamanan. Air dan uap ini tidak boleh terlalu berlebihan ataupun terlalu kekurangan. Uap yang didapatkan dari wall tube selanjutnya akan memasuki steam drum lalu dialirkan menuju superheater 1.

Semoga bermanfaat!!

Indro Pramono Sang Pembelajar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :

Teman teman :