Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Minggu, 17 Maret 2013

SBMPTN 2013 - SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI 2013

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

 Berniat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013? Yuk, siap-siap belajar mulai dari sekarang.

Pada ujian tulis SBMPTN 2013, peserta harus mengerjakan beberapa tipe ujian. Jenis ujian ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang diujikan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun-tahun sebelumnya.

Dikutip dari laman resmi SBMPTN 2013, Sabntu (16/3/2013), peserta akan mengerjakan empat ujian tertulis sesuai kelompok ujian yang dipilihnya. Peserta yang memilih program studi keterampilan juga akan mengikuti ujian keterampilan.

Ujian pertama adalah Tes Potensi Akademik (TPA), sebuah tes untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademik). Tes ini meliputi empat jenis soal yaitu tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar. Selain TPA, semua peserta SBMPTN 2013 juga akan mengerjakan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Selanjutnya, peserta kelompok ujian Saintek akan mengikuti ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek yang meliputi soal-soal Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Begitu juga kelompok ujian Sosial Humaniora (Soshum) akan mengerjakan soal-soal TKD Soshum yakni mata pelajaran Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi. Sementara itu, peserta kelompok ujian campuran mengerjakan soal-soal TKD Saintek dan Soshum.

Usai ujian tulis, peserta yang memilih prodi keterampilan seperti Jasmani dan Olahraga, Seni Rupa dan Desain, Sendratasik, Seni Tari, dan Seni Musik juga harus mengikuti ujian keterampilan. Pada kelompok prodi bidang seni, ujian keterampilan akan berkisar pada tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni. Sedangkan ujian keterampilan bidang ilmu keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.

Ujian keterampilan dapat diikuti peserta SBMPTN 2013 di PTN terdekat yang memiliki prodi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Berikut jadwal SBMPTN 2013 secara lengkap:
10 Mei - 4 Juni 2013 Masa pembayaran biaya seleksi via Bank Mandiri.
13 Mei - 7 Juni 2013 Pendaftaran secara online.18 - 19 Juni 2013 Ujian tertulis.
20 dan/atau 21 Juni 2013 Ujian keterampilan.
12 Juli 2013 Pengumuman hasil seleksi.(rfa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :