Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Kamis, 31 Oktober 2013

soal dan pembahasan gerak melingkar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

 Assalamu'alaikum teman teman semua....
apa kabarnya??
sehat kan??
untuk postingan kali ini , saya akan berbagi contoh soal dan materi tentang gerak melingkar . silahkan disimak ya.....

1. Pengertian Gerak melingkar beraturan 
Gerak melingkar beraturan adalah gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran dengan laju konstan dan arah kecepatan tegak lurus terhadap arah percepatan.

2. Besaran besaran dalam gerak melingkar 
ada beberapa besaran dasar yang terdapat di dalam gerak melingkar yaitu frekuensi dan periode . Gerak melingkar sering dideskripsikan dalam frekuensi ( f ), yaitu jumlah putaran tiap satuan waktu atau jumlah putaran per sekon. Sementara itu, periode (T ) adalah waktu yang diperlukan
untuk menempuh satu putaran.
Hubungan antara frekuensi dan periode ditunjukkan oleh rumus berikut ini.
   
peride memiliki satuan sekon dan frekuensi memiliki satuan Hertz 

 contoh, jika sebuah benda berputar dengan frekuensi 3 putaran/sekon, maka untuk melakukan satu putaran penuh, benda itu memerlukan waktu 1/3 sekon.
 Untuk benda yang berputar membentuk lingkaran dengan laju konstan v, dapat kita tuliskan:


 3. Kecepatan sudut 
 Kecepatan sudut didefinisikan sebagai besar sudut yang ditempuh tiap satu satuan waktu. hubungannya ditunjukkan rumus berikut ini.




4. Sudut tempuh(theta)
Sudut tempuh diartikan sebagai besarnya sudut yang telah ditempuh suatu titik dari titik tertentu ke titik yang lain. Ingat gerakannya berupa lingkaran . biasanya titik tersebut berada di pinggir lingkaran . Besarnya sudut tempuh bisa dicari menggunakan persamaan berikut ini dimana s merupakan panjang busur lingkarana dan R merupakan jari jari lingkaran.

Hubungan antara kecepatan sudut dan kecepatan linier 
kecepatan linier diartikan sebagai hasil kali kecepatan sudut dikali dengan jari jari . persamaannya ditampilkan sebagai berikut .


untuk lebih jelasnya tentang penggunaan rumus yang telah ditulis diatas , silahkan simak contoh soal dan penjelasannya berikut ini . 



Percepatan sentripetal
Percepatan sentripetal diartikan sebagai percepatan benda yang menuju pusat lingkaran . secara umum dituliskan sebagai berikut .


beberapa rumus penting yang wajib untuk diingat pada pelajaran gerak melingkar ditunjukkan sebagai berikut .


mari kita simak contoh dan penyelesaian tentang gerak melingkar.

Gimana kawan kawan?? apakah sudah membantu ??
ooops...belum selesai materi ini, marikita simak lagi penjelasan berikut ini.


Aplikasi materi gerak melingkar

Saya sering memberi kan gambaran kepada adik adik bimbel yang saya ajarkan tentang aplikasi dan manfaat apa yang didapat ketika mempelajari sesuatu agar mereka lebih mengerti apa sih yang sedang mereka pelajari. untuk pelajaran ini , saya sering meberi contoh berikut .
Pelajaran ini dipakai dan diaplikasi kan pada sepeda(contoh paling sederhana yang dapat dilihat). Sepeda menggunakan dua jenis roda gigi yang dihubungkan dengan rantai. yang dikayuh merupakan roda gigi yang lebih besar dibandingkan roda gigi yang di dekat roda belakang . perbedaan besarnya roda gigi ini berhubungan dengan besarnya torsi dan putaran yang dihasilkan (pelajaran torsi didapat di kelas XI sma ). gampangnya begini , semakin besar torsi, maka tenaga yang kita butuhkan untuk mendayung sepeda akan kecil . namun bila torsi kecil, maka kita harus mendayung ekstra kuat. untuk pengendara sepeda motor , ketika baru menyalakan mesin , kita akan memasukan perseneling( sebut "gigi") gigi 1karena dibutuhkan torsi yang besar tetapi putarannya kecil (gigi 1 ini merupakan gigi yang paling besar diameternya) . namun setelah sepeda motor telah berjalan , yang kita butuhkan adalah kecepatan yang lebih tinggi sehingga kita mengoper gigi ke gigi 2, 3, 4(semakin besar, maka roda giginya semakin kecil)
Nah secara tidak sadar, kita telah memindahkan roda gigi utama untuk dihubungkan ke roda gigi lain yang ukurannya berbeda. kesimpulannya adalah, semakin besar diameter lingkaran roda gigi , akan didapat torsi yang besar tapi putarannya lambat namun bila roda gigi nya kecil , maka putarannya akan cepat .

itulah fisika, saling berkaitan antara satu sama lain.
karena pelajaran kita masih berkutat dengan gerak melingkar, maka kita sederhanakan dahulu pembahasannya . berikut ini hubungan antara kecepatan sudut dan kecepatan linier .
Perhatikan gambar !!
untuk hubungan antar dua roda diatas berlaku kecepatan liniernya yang sama (v sama), kecepatan sudutnya berbeda(w berbeda). hubungannya dituliskan sebagai berikut .

untuk lebih jelasnya , mari simak contoh soal berikut ini,



contoh soal berikutnya,....





itu lah pembahasan tentang gerak melingkar beserta contoh soal dan pembahasannya. Semoga membantu ya....!!!

Anda punya kesulitan dalam mengerjakan PR??? mau ulangan atau ujian??? 
kami siap membantu menyelesaikannya hingga selesai . KLIK DISINI!!!


baca juga artikel lainnya...
- contoh soal dan pembahasan tentang energi
- soal dan pembahasan tentang usaha
-soal dan pembahasan tentang gerak melingkar


Ikuti materi ini lagi dan download soalnya ?? klik disini 

1 komentar:

  1. Kalau bisa soal-soalnya dibuat dalam bentuk PDFyang bisa di download.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :

Teman teman :