Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Sabtu, 06 Desember 2014

Macam macam PLTU di Indonesia

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Saya akan berusaha menshare pengetahuan saya.
PLTU merupakan salah satu pembangkit listrik yang ada di Indonesia selain dari PLTGU, PLTA, PLTD, PLTP, PLTG dan PLTB. PLTU yang digunakan di Indonesia dapat dibedakan menjadi 3 jenis, berdasarkan jenis boiler yang digunakannya, yaitu:
1. PLTU PC boiler
2. PLTU CFB boiler
3. PLTU Stoker boiler
Ketiga jenis PLTU ini memakai batubara sebagai bahan bakarnya.

Keterangan:

1. PLTU PC Boiler

PC boiler merupakan singkatan dari Pulverized Coal Boiler. Boiler ini umumnya digunakan untuk PLTU yang memiliki daya >= 300 MW. Untuk di Indonesia sendiri, umumnya PLTU ini terdapat di pulau jawa yang pada umumnya memiliki pembangkit dengan kapasitas yang besar.

Cara kerja

Batu bara digiling di pulverizer lalu dihembuskan kedalam ruang bakar boiler. Ukuran batubara yang digiling untuk dapat masuk ke ruang bakar boiler adalah sebesar 200 mesh. Dengan ukuran batubara yang sekecil ini, batubara akan habis terbakar di dalam boiler lalu gas hasil pembakarannya digunakan untuk memanaskan wall tube, economizer dan reheater. 

2. PLTU CFB boiler
CFB boiler merupakan singkatan dari Circulated Fluidized Boiler. Boiler ini umumnya digunakan untuk PLTU yang memiliki daya sekitar 100 MW - 300 MW. PLTU jenis ini umumnya terdapat di pulau Sumatera.

Cara kerja




Batu bara yang digunakan sebagai bahan bakar di boiler berdiameter sekitar 0,8 cm. Prinsipnya hampir sama dengan PLTU jenis PC boiler namun ada tambahan yaitu dengan menggunakan Cyclone separator. Karena ukuran batubara ini tergolong besar, maka tidak semua batubara ini akan habis terbakar. Batubara yang tidak terbakar ini akan dihisap kembali oleh Cyclone separator dan diarahkan kembali ke ruan bakar.


3. PLTU Stoker Boiler
PLTU ini  merupakan PLTU yang berukuran kecil bila dilihat dari daya yang dihasilkannya. PLTU jenis ini umumnya digunakan pada wilayah yang belum membutuhkan listrik dalam jumlah yang besar sehingga pembangunan PLTU berukuran kecil lebih ekonomis. PLTU ini menggunakan batubara yang tidak memerlukan perlakuan tambahan(digiling). Batubara langsung dimasukkan ke boiler untuk dibakar. Kekurangan boiler ini adalah seringnya terjadi slacking pada tube-tube yang berada di dalam boiler sehingga bila sudah terlalu berat akan menyebabkan jatuhnya tube tube tersebut.


Semoga membantu!!!

Indro Pramono Sang Pembelajar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :

Teman teman :