Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Rabu, 10 Desember 2014

Cara menggambar geometri airfoil di Solidwork

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Assalamu'alaikum Wr. Wb 
Saya akan menjelaskan bagaimana menggambar geometri airfoil. Software yang digunakan untuk menggambar geometri adalah Solidwork. Geometri yang digambar terdiri atas dua bagian yaitu bagian rotating region dan boundary bagian luar. Adapun langkah langkah yang harus dilakukan untuk menggambar rotating region yaitu sebagai berikut:
a.       Mengimport koordinat airfoil
Koordinat NACA 4415 ditunjukkan sebagai berikut:
 


 koordinat airfoil NACA 4415 
 import koordinat airfoil
Airfoil yang diimport ke solidwork harus di convert sehingga garisnya menjadi garis nyata . langkah langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
  
 
  Langkah langkan untuk mengconvert garis airfoil(atas) . Setelah diconvert garis akan berwarna hitam(bawah)
b.      Melakukan skala dan pengaturan sudut pitch(rotasi)
Panjang chord airfoil yang diimport adalah 1(tanpa satuan). panjang chord yang disimulasi adalah 30 cm maka harus diskala kan dengan factor skala 30. Sebelumnya, satuan yang ada di solidwork harus diganti menjadi cgs(centimeter,gram,sekon). Langkah penyekalaannya ditunjukkan sebagai berikut:
  
 Langkah penyekalaan airfoil
            Selanjutnya , untuk membuat besarnya sudut pitch, langkah yang dilakukan yaitu melakukan rotasi sebesar -8o(ini akan membentuk sudut serang sebesar 8o) . Langkah langkahnya ditunjukkan sebagai berikut .

   Langkah rotasi airfoil. Airfoil setelah dilakukan rotasi (bawah)

c.       Melakukan circular array
Polar array dilakukan untuk membuat airfoil sebanyak 3 buah. Sebelum di array, terlebih dahulu airfoil dipindahkan sejauh 75 cm. Hasilnya ditunjukkan sebagai berikut:
 
Airfoil yang telah dipindahkan
      Selanjutnya melakukan circular array. Langkah langkah yang dilakukan ditunjukkan sebagai berikut:
airfoil yang telah di array
d.      Menggambar lingkaran luar(diameter luar) dan Membentuk surface
Diameter luar dibuat untuk membentuk batas rotating region. Diameter yang dibuat adalah sebesar 160 cm. untuk menggambar diameter lingkaran digunakan perintah circle. Hasilnya ditunjukkan sebagai berikut:
Lingkaran yang telah terbentuk
  Selanjutnya adalah membentuk surface. Langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
 Lingkaran yang telah terbentuk 
Hasil surface yang telah terbentuk
Setelah rotating region telah selesai dibuat, selanjutnya adalah menyimpannya dengan format .step atau .stp dari Fileàsave as….
Sementara, untuk menggambar boundary bagian luar, digunakan perintah line dan circle pada Solidwork. Ukuran dari boundary luar ditunjukkan pada gambar 15. Sebagai catatan, ukuran lingkaran pada bagian tengah sama dengan diameter rotating region yang telah dibuat diatas:
Ukuran dari boundary luar
Dengan langkah yang sama yang telah disebutkan diatas, boundary luar ini akan dibentuk surface. Hasilnya ditunjukkan sebagai berikut:
Hasil surface boundary luar
Setelah boundary bagian luar selesai dibuat, selanjutnya menyimpannya dengan format .step atau .stp dari Fileàsave as…. .
Disini penulis menyimpan rotating region dengan nama “rotating region c 30 cm. step” dan boundary luar dengan nama “bidang luar c 30 cm .step”
Setelah rotating region dan boundary luar terbentuk, langkah selanjutnya adalah melakukan meshing. Meshing dilakukan dengan bantuan Ansys Workbench 


Demikian lah penjelasan bagaimana menggambar geometri di solidwork. semoga membantu...

Indro Pramono sang Pembelajar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :

Teman teman :