Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Senin, 08 Desember 2014

SIklus Uap di PLTU

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum Wr. Wb,
Saya akan coba menjelaskan tentang siklus uap di PLTU. Siklus uap ditunjukkan sebagai berikut:

Steam drum --> Superheater 1 --> Desuperheater --> Superheater 2 --> HP Turbine --> Reheater --> IP turbine --> LP Turbine --> Kondensor 

Uap air yang berasal dari pemanasan di wall tube akan masuk ke steam drum. Level uap di steam drum dijaga tetap di titik 0(titik normal). Apabila uap terlalu banyak di steam drum, hal ini akan menyebabkan overheat namun bila airnya yang terlalu banyak akan menyebabkan carry over(masuknya air ke turbin).
Uap yang ada di steam drum selanjutnya dialirkan ke superheater 1. Uap yang dipanaskan di superheater dijaga agar tidak terlalu panas. Apabila terlalu panas, uap tsb akan diturunkan suhunya oleh desuperheater. Uap tsb selanjutnya dipanaskan di superheater 2 lalu diteruskan ke HP turbin. Suhu auap yang diizinkan masuk ke HP turbin adalah sebesar 538 oC dan Uap tersebut lalu menggerakkan HP turbin. Setelah melewati HP turbin, suhu uap tersebut menjadi turun. Uap ini lalu dialirkan menuju reheater untuk dipanaskan kembali. Setelah dipanaskan, uap ini dialirkan menuju IP turbin lalu ke LP turbin . Uap yang telah melewati siklus ini akan menjadi lebih rendah dan selanjutnya dialirkan menuju condenser untuk diubah suhunya menjadi air.

Semoga bermanfaat!!!
Indro Pramono sang pembelajar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :

Teman teman :