Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Jumat, 07 Februari 2020

Makanan ini ampuh menurunkan berat badan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Badan yang terlalu gemuk lambat laun akan menimbulkan masalah. Mulai dari obesitas, darah tinggi, kolesterol dan lain lain. Oleh karena itu banyak yang menginginkan untuk menurunkan berat badan demi kesehatan.

Dihimpun dari beragam sumber, ada beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat menurunkan berat badan. Hanya saja, makanan-makanan ini tak langsung membuat tubuh kurus, tetapi mereka membantu proses penurunan berat badan.

1. Kurangi makan nasi putih
Dari beberapa sumber dan pengalaman beberapa orang, nasi putih dianggap sebagai salah satu penyebab kegemukan. Nasi putih mengandung kadar glukosa yg cukup tinggi. Orang yg sering konsumsi nasi putih umumnya akan merasa cepat lapar. Hal ini menimbulkan keinginan untuk makan terus menerus. Mengurangi konsumsi nasi putih sangat baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit diabetes

Baca juga Cara memutihkan gigi secara alami


2. Oatmeal
 Makanan ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Oatmeal kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan membuat perut kenyang  lebih lama. Jika ingin mengonsumsi oatmeal, hindari oatmeal instan atau oatmeal dengan gula tambahan. Sebaiknya tambahkan madu atau rempah seperti kayu manis atau pala untuk rasa dan aroma.

Baca juga  Cara meninggikan tinggi badan yang cukup ampuh

3. Nasi merah
Nasi merah dapat membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Clark, seporsi beras merah mengandung 21 persen magnesium, 15 persen vitamin B6, 4 persen zat besi dan 3,5 persen serat. Nutrisinya lebih kaya daripada beras putih. Menurut Healthy Magazine, setengah cangkir beras merah mengandung 1,7 gram pati resisten yakni karbohidrat sehat yang mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

Baca juga Tips mengurangi berat badan secara alami

4. Buah dan sayur
Kedua jenis makanan ini menyediakan beragam vitamin dan mineral. Kandungan seratnya dapat membuat perut kenyang tanpa rasa bersalah karena buah dan sayur mengandung sedikit kalori. Untuk sayuran hijau dapat dimasak atau disajikan begitu saja. Sayuran hijau seperti brokoli diketahui mampu mencegah kanker, kaya serat dan mencegah kenaikan berat badan. Ia juga mengandung vitamin C, vitamin A, folat, kalsium, zat besi dan potasium. Pisang juga dipercaya memiliki kandungan energi yang cukup.

Baca juga Terbukti olahraga ini efektif menurunkan berat badan 

5. Kacang-kacangan
Segala jenis kacang-kacangan mengandung banyak serat, ia ampuh mengontrol rasa lapar. Selain itu ia memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga Tips dan trik agar lulus ujian CPNS

6.  Alpukat
Dikutip dari Eating Well, alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, serat, potasium dan phytochemical (zat ang terdapat pada buah/sayur dan berfungsi untuk melawan radikal bebas. Sebuah studi yang diterbitkan di Nutritional Journal, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) lebih rendah, berat badan dan lingkar pinggang lebih rendah.

Baca juga Pekerjaan paling diminati di Indonesia


7.  Telur
Telur jadi salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi. Ia tinggi protein, lemak sehat dan membuat kenyang meski rendah kalori. Dari studi yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information (NCBI), membuktikan bahwa telur membantu menurunkan berat badan. Studi melibatkan 30 wanita dengan kelebihan berat badan. Mereka diminta sarapan dengan telur setiap hari daripada roti bagel. Hasilnya, mereka merasa lebih kenyang dan membuat mereka makan lebih sedikit.  8 minggu kemudian, mereka menemukan wanita yang sarapan dengan telur mampu menurunkan berat badan saat dipadukan dengan diet kalori ketat.

Baca juga Daftar PTN terbaik di Indonesia


8. Tuna
Tinggi protein dan rendah kalori, dua keunggulan ini membuat ikan tuna banyak dikonsumsi para binaragawan atau mereka yang sering mengolah otot tubuh. Jika ingin fokus pada kandungan proteinnya, maka konsumsi lah tuna kaleng dengan tambahan air,  bukan yang  minyak.


Sumber https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180608181303-262-304668/7-makanan-penurun-berat-badan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :