Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Rabu, 05 Februari 2020

Tips dan trik agar lulus CPNS

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Menjadi PNS ternyata masih menjadi pekerjaan favorit banyak orang. Buktinya, setiap ada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), orang beramai-ramai mendaftar meski peluang lolos tes CPNS seringkali kecil. Bayangkan saja, dari ribuan orang yang mendaftar, terkadang tak sampai lima orang yang akan diterima. Persaingannya sangat ketat.


Kalau kamu juga sangat ingin menjadi PNS, tentu kamu harus mempersiapkan diri dengan matang gaes. Pastikan semua persyaratan sudah kamu penuhi dan kelengkapan administrasi sudah kamu lengkapi sejak jauh-jauh hari, karena beberapa dokumen memerlukan waktu pengerjaan yang agak lama. Setelah itu, kamu wajib berlatih mengerjakan soal tes CPNS secara rutin selama 1-2 bulan penuh sebelum tes dilaksanakan.

Baca juga Pekerjaan paling diminati di Indonesia

Tips Memilih Instansi

Meski sama-sama melakukan seleksi penerimaan melalui tes CPNS, beda instansi, beda pula komposisi soalnya. Misalnya, menurut salah satu peserta tes CPNS, tes matematika untuk Badan Koordinasi Penanaman Modal lebih rumit dibanding tes matematika untuk Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, tes untuk beberapa instansi hanya dua tahap, tapi untuk Kementerian Luar Negeri bisa jadi empat tahap.
Karena itu, cari tahu tentang tes CPNS instansi yang kamu inginkan. Alangkah baiknya kamu memilih instansi yang sesuai dengan minatmu atau selaras dengan jurusanmu saat kuliah agar peluangmu lulus tes CPNS lebih besar. Kesempatanmu diterima sebagai PNS juga lebih besar jika kamu memilih posisi yang memiliki lowongan banyak.

Baca juga Daftar PTN terbaik di Indonesia

Tips Belajar Latihan Soal Tes CPNS

Tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS, yakni 80 untuk TIU, 75 untuk TWK, dan 143 untuk TKP.

Baca juga Kampus swasta terbaik di Indonesia

Jagoan belajar  punya tips dan trik mengerjakan masing-masing tes:
1.      TIU
Fokuskan menjawab pertanyaan yang menurut kamu gampang terlebih dulu. Misalnya kamu lemah di kemampuan numerik berupa aljabar, kamu bisa mengerjakan soal deret dulu. Soal jenis ini bisa kamu jawab dengan mudah jika teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal. Atau, dahulukan mengerjakan soal kemampuan verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial.

Baca juga Tips mengurangi berat badan secara alami

2.      TWK

TWK terdiri dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, sampai sistem tata negara Indonesia. Mentang-mentang terkesan seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sarat muatan budi pekerti, jangan sepelekan tes ini dengan sekadar memilih jawaban paling bagus dan paling panjang dari daftar jawaban, ya,. Kamu harus memelajari semuanya dengan maksimal untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan TWK dengan benar.

Baca juga Makanan ini ampuh menurunkan berat badan
3.      TKP
Untuk soal TKP, kamu baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Selain itu, kamu juga harus jujur dalam menjawab soal, karena jawaban kamu bisa mencerminkan siapa dirimu. TKP juga bisa dipelajari lewat buku latihan soal tes CPNS karena biasanya soal yang keluar kurang lebih mirip.

Baca juga Terbukti olahraga ini efektif menurunkan berat badan 
4.      TKB
Untuk posisi di kementerian, jika kamu lulus TKD, kamu akan lanjut ke tahap TKB. Inilah pentingnya memilih posisi yang sesuai dengan minat atau sesuai jurusan kuliah. Sebab, soal-soal yang keluar akan berkaitan dengan posisi yang kamu ambil.
Misalnya kamu memilih jabatan Analis Kebijakan Pertama, materi yang ditanyakan adalah seputar kebijakan publik. Kalau kamu sudah belajar tentang ini sejak kuliah, kesempatanmu untuk lulus tes CPNS akan lebih besar karena kamu lebih mudah memahaminya.

Baca juga Cara memutihkan gigi secara alami
Latihan soal tes CPNS dapat kamu lakukan dengan membeli buku soal yang dilengkapi software simulasi Computer Assisted Test (CAT) atau lewat aplikasi CAT CPNS yang tersedia di Play Store

Menjelang Tes

Persiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes. Pakai kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika memakai kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam atau sesuaikan dengan aturan pada saat tes. Bisa jadi ada aturan berbeda seperti disebutkan sebelumnya. Bawa KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan.

Baca juga  Cara meninggikan tinggi badan yang cukup ampuh
Jangan lupa survei lokasi tes terlebih dulu agar kamu tidak tersasar dan tahu harus naik kendaraan apa ke sana. Sehari sebelum tes, kamu tidak perlu begadang dan belajar serius lagi, ya, supaya besok kamu bisa mengerjakan soal dengan tenang dan nyaman.
Di hari H, jangan lupa sarapan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Pastikan kamu datang sebelum waktu tes yang sudah ditentukan. Jangan sampai telat, karena akan membuatmu panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa. 
Kalau dibuat secara umum, tips dan trik agar lulus CPNS yaitu 
1. Banyak berlatih soal
2. Belajar dari buku dan aplikasi
3. Luangkan waktu untuk berlatih soal meskipun ada kesibukan lain
4. Survey tempat ujian
5. Saat ujian, kerjakan dengan teliti, tenang dan manajemen waktu dengan baik
6. Datang lebih awal
7. Minta restu orang tua
8. Yang utama, dekat kan diri dengan Allah / ibadah
Semoga kamu lulus tes CPNS dan diterima di posisi yang kamu inginkan, ya Aamiin
Sumber : www.pintaria.com, www.kompas.com

1 komentar:

  1. MGM National Harbor | Casino and Resort in Ridgefield, Washington
    MGM National Harbor. 777 도레미시디 출장샵 LAS 동두천 출장샵 VEGAS BLVD, Washington, D.C. 39531. 하남 출장안마 Telephone: (888) 367-4279. General Information. M. 포천 출장마사지 D.M. 세종특별자치 출장안마 $50.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :