Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Jumat, 17 Mei 2013

Kenapa satuan Kelvin tidak memakai derajat?

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

 



Assalamu'alaikum....
alhamdulilah akhirnya penulis memiliki kesempatan untuk menulis lagi. kali ini penulis akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan oleh murid murid bimbel. bunyi pertanyaannya kira kira seperti ini,
Kenapa satuan Kelvin tidak memakai derajat?

sebelum saya jawab, sebenarnya siapa sih Kelvin itu?
Kelvin dinamakan berdasarkan seorang fisikawan dan insinyur Inggris, William Thomson, 1st Baron Kelvin (1824–1907). Tidak seperti derajat Fahrenheit dan derajat Celsius, kelvin tidak berarti atau ditulis sebagai derajat.
Perkataan kelvin sebagai unit SI ditulis dengan huruf kecil k (kecuali pada awal kalimat), dan tidak pernah diikuti dengan kata derajat, atau simbol °, berbeda dengan Fahrenheit dan Celsius. Ini karena kedua skala yang disebut terakhir adalah skala ukuran sementara kelvin adalah unit ukuran. Ketika kelvin diperkenalkan pada tahun 1954 (di Konferensi Umum tentang Berat dan Ukuran (CGPM) ke-10, Resolusi 3, CR 79), namanya adalah "derajat kelvin" dan ditulis °K; kata "derajat" dibuang pada 1967 (CPGM ke-13, Resolusi 3, CR 104).
Perhatikan bahwa simbol unit kelvin selalu menggunakan huruf besar K dan tidak pernah dimiringkan. Tidak seperti skala suhu yang menggunakan simbol derajat, selalu ada spasi di antara angka dan huruf K-nya, sama seperti unit SI lainnya.
 Skala Kelvin (simbol: K) adalah skala suhu di mana nol absolut didefinisikan sebagai 0 K. Satuan untuk skala Kelvin adalah kelvin (lambang K), dan merupakan salah satu dari tujuh unit dasar SI. Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta: nol kelvin adalah nol absolut (ketika gerakan molekuler berhenti, dalam termodinamika), dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamik triple point air (0,01 °C). Skala suhu Celsius kini didefinisikan berdasarkan kelvin.

jadi , dari beberapa penjelasan yang panjang diatas, ditarik beberapa kesimpulan , yaitu:
1. Kelvin bukan skala, tetapi ukuran , oleh karena itu dipakai untuk satuan internasional.
2. Kelvin tidak mengenal angka minus seperti satuan lainnya.
3. Penulisan suhu kelvin tidak memakai derajat karena kelvin merupakan satuan internasional jadi harus dibedakan dengan yang lainnya. Selain itu karena kelvin sering dipakai maka untuk lebih efisien( tidak terlalu panjang) maka pemakaian derajat dihilangkan.

semoga membantu penjelasan diatas ya.....
:)

Ikuti materi ini lagi dan download soalnya ?? klik disini Kenapa satuan Kelvin tidak memakai derajat?

 Baca contoh soal lainnya ,....
- mekanika :contoh soal dan pembahasannya 
- contoh soal dan pembahasan listrik dinamis  
- contoh soal dan pembahasan teori kinetik gas
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kelvin
http://www.fisikaasyik.com/home02/content/view/107/44/ 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :

Teman teman :