Sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tetap Semangat!!. Berusaha dengan seoptimal mungkin. Tidak ada orang yang sukses dengan melakukan cara yang biasa. Lakukanlah hal yang luar biasa.

Sabtu, 29 Juni 2013

soal dan pembahasan integral

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum teman teman .....
apa kabarnya ? sehat kan?? insya Allah....  :)
untuk kali ini , kami akan berbagi dengan teman teman semua tentang soal dan pembahasan integral sma. untuk mempersingkat waktu , berikut ini pembahasannya...


soal no 1 , disajikan sebagai berikut .... soal Ebtanas 1995,,

Masya Allah, 1400 tahun lalu proses penciptaan manusia sudah diketahui

ini merupakan integral biasa. dengan menggunakan hukum dasar integral,jawabannya disajikan sebagai berikut .


sekarang mari kita beralih ke soal no.2, soal ini lebih rumit daripada soal diatas. mari kita simak soalnya......,

Apakah umat islam menyembah Ka'bah?


soal seperti ini tidak dapat diselesaikan langsung seperti cara diatas, namun harus dengan menggunakan suatu pemisalan. biasanya, bentuk pemisalan sudah ada di soal itu sendiri. sekarang kita lihat jawabannya..


gimana teman teman ? ada yang bingung? silahkan beri komentar ya ,ntar semampunya saya jawab.

untuk lebih mahir, mari kita lihat contoh berikut nya . ini soal UMPTN 1991 , integral trigonometri .berikut ini soalnya.


ada dua cara dalam menyelesaikan soal seperti ini .  cara pertama  dan cara kedua disajikan berikut ini tergantung yang mana menurut kawan kawan yang paling mudah..
pada penjelasan diatas, terlihat cara kedua menggunakan pemisalan seperti cara soal sebelumnya. sekarang kita lanjutkan ke soal berikut nya. ini hampir mirip dengan soal diatas.

dengan cara yang sama yaitu pemisalan , kita dapat menyelesaikan soal diatas dengan mudah . sekarang perhatikan jawabannya .

nah silahkan simak untuk soal soal berikutnya....
jawabannya disajikan sebagai berikut ,,,

soal terakhir dari integral matematika untuk postingan saya kali ini, mari kita simak  soalnya....
jawabannya adalah sebagai berikut ,,,
gimana teman teman??? saya sangat berharap dan berdoa teman teman terbantu dengan adanya soal dan pembahasan ini, biar lebih mantap di sekolah,,. trus, kalo ada yang kurang ngerti, silahkan aja berkomentar, ntar saya jawab deh....
sekian dan terima kasih.....


baca juga artikel lainnya...
- contoh soal dan pembahasan barisan geometri
- soal dan pembahasan barisan aritmatika
-mencari mean, median, modus dan kuartil


Ikuti materi ini lagi dan download soalnya ?? klik disini 




untuk menyimak contoh soal integral untuk mencari luas dan volume, kalian bisa menyimaknya disini...
cara mencari volume dengan menggunakan integral
cara mencari luas bangun datar dengan menggunakan integral 



Jumat, 28 Juni 2013

Cara Mendaftar Ujian Masuk Politeknik Negeri Medan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Berikut ini Tiga langkah mudah dalam melakukan pendaftaran Ujian Masuk Politeknik Negeri Medan:
registrasi online

Langkah 1:
Mendaftar Secara Online

Registrasi Online melalui http://pendaftaran.polmed.ac.id Yang harus anda lakukan pada saat registrasi online adalah:
  • Mengisi biodata, data orang tua, data sekolah, data ujian nasional dan pilihan program studi
  • Unggah pas foto. Syarat: jenis file JPG atau PNG, 472 x 709 piksel, dan tidak lebih dari 1 Mb
Setelah menyelesaikan registrasi online, Anda akan memperoleh No. Pembayaran dan Password. Simpan No. Pembayaran dan Password di tempat yang aman. No. Pembayaran akan digunakan untuk mengakses laman khusus peserta ujian.
pembayaran biaya pendaftaran

Langkah 2:
Membayar Biaya Pendaftaran

Melakukan pembayaran ke bank Sumut dengan menunjukkan No. Pembayaran yang Anda peroleh pada saat pendaftaran online.
Biaya Pendaftaran:
  • Kelompok Ujian IPA: Rp. 140.000
  • Kelompok Ujian IPS: Rp. 140.000
  • Kelompok Ujian IPC: Rp. 150.000

Langkah 3:
Mencetak Kartu Ujian

Anda harus login ke laman khusus Calon Peserta Ujian agar dapat mengunduh Kartu Ujian. Waktu pengunduhan dimulai pada tanggal 17 Juli s/d 19 Juli 2013 hingga sebelum ujian dimulai.
berikut jadwal penting yang harus diingat:

  • Pendaftaran Ujian Gelombang II
    19 Juni s/d 16 Juli 2013
  • Batas Akhir Pendaftaran
    16 Juli 2013 pukul 12.00 WIB
  • Batas Akhir Pembayaran
    16 Juli 2013 pukul 15.00 WIB
  • Cetak Kartu Ujian
    17 Juli s/d 19 Juli 2013
  • Pelaksanaan Ujian
    20 Juli 2013
  • Pengumuman Ujian Gel II
    27 Juli 2013 
SEMOGA SUKSES !!
Selamat berjuang untuk kalian ...
:)

Kamis, 27 Juni 2013

Unimed Buka Seleksi Penerimaan Jalur UMB-PT

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


MEDAN (Berita): Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN) sebagai organisasi penyelenggara seleksi dan penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia menyelenggarakan berbagai seleksi diantaranya UMB-PT. UMB PT (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi). Ujian ini merupakan ujian masuk bersama untuk perguruan tinggi negeri dan beberapa perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia. Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Ibnu Hajar MSi menyampaikan hal itu kepada wartawan di Biro Rektor Unimed, Selasa Kemari. Lebihlanjut Ibnu Hajar mengatakan sebagai persyaratan untuk mendaftar melalui jalur UMB-PT adalah lulus dari satuan pendidikan dan ujian nasional SMA/MA/SMK/SMTA luar negeri, ujian persamaan atau yang setara tahun 2013, 2012 dan 2011. Lulusan 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara.
Untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) dari kepala sekolah yang dilengkapi pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah, memiki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.
Sedangkan Ketua UMB-PT Unimed Prof Dr Khairil Ansari MPd mengatakan pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman penerimaan.spmb.or.id. Pendaftaran online dimulai dari tanggal 27 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s/d 19 Juli 2013 Wib. Pembayaran dilakukan di BNI sejak tanggal 27 Meiu 2013 sampai dengan 19 Juli 2013. Cetak kartu ujian tanggal 27 Mei 2013 sampai dengan 20 Juli 2013. Pelaksanaan ujian tulis tanggal 21 Juli 2013 dan pengumuman tanggal 28 Juli 2013.
Khairil Ansari yang didampingi Sekretaris Panitia Biner Ambarita menyampaikan kelompok ujian dalam UMB-PT adalah kelompok ujian IPA, IPS dan IPC. Mata ujian terdiri dari tes nalar sains untuk kelompok IPA dan IPC, tes nalar ilmu sosial untuk kelompok IPS dan IPC, dan tes nalar matematika dan bahasa untuk kelompok IPA, IPS dan IPC. Ujian dilaksanakan satu hari penuh pada tanggal 14 Juli 2013 sejak pukul 08.00 - 16.15 Wib.
Sementara Bendahara Panitia UMB-PT Drs Chairul Azmi MPd menyebutkan biaya seleksi ujian tertulis UMB-PT Unimed 2013 yaitu untuk 2 pilihan (2 IPA atau 2 IPS) Rp 175.000, 3 pilihan (3 IPA atau 3 IPS) Rp 200.000, 3 pilihan (2 IPA + IPS atau 2 IPS + IPA) Rp 225.000. Untuk IPS 2 pilihan: IPS + PGSD Rp 200.000, IPS + Orkes Rp 250.000, IPS + Seni Rp 250.000. Untuk IPC 3 pilihan: 2 IPA + PGSD Rp 275.000, 2 IPA + Orkes Rp 325.000, 2 IPA + Seni Rp 325.000, IPA + Orkes + PGSD Rp 350.000, IPA + Seni + PGSD Rp 350.000, , IPA + Orkes + Seni Rp 400.000, semua biaya yang telah disampaikan dibayarkan melalui BNI sebagai bank resmi UMB-PT tahu 2013.
Prof Dr Biner Ambarita MPd didampingi Kahumas Unimed Tappil Rambe mengatakan sebagai wujud rasa tanggungjawab kami sebagai panitia UMB-PT Unimed menyediakan “counter” layanan pengisian formulir pendaftaran online, bertempat di gedung serbaguna Uniumed lantai satu. Layanan tidak dipunguat biaya/gratis, dibuka setiap hari kerja ditambah haru Sabtu buka sejak pukul 08.00-16.00 Wib.
Untuk memperoleh informasi UMB-PT masyarakat dapat mengakses laman resmi penerimaan.spmb.or.id. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui telepon (061) 6613365, 0812.6561347 (Biner Ambarita), 081375056393 (Tappil Rambe), atau 081375226211 (Ichwani).
info lengkapnya .....

https://penerimaan.spmb.or.id/informasi/umbpt




baca juga artikel lainnya....
contoh soal dan pembahasan tentang suku banyak
contoh soal tentang vektor
- contoh soal dan pembahasan notasi sigma dan barisan 
- contoh soal dan pembahasan tentang logaritma- contoh soal dan pembahasan tentang perpangkatan
- contoh soal dan pembahasan tentang matriks
- contoh soal dan pembahasan tentang integral

Rabu, 26 Juni 2013

contoh soal dan pembahasan soal tentang matriks

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum teman teman...
untuk kesempatan kali ini, saya akan berbagi contoh soal dan pembahasan tentang matriks.
langsung saja kita simak pembahasannya ..
pengertian matriks,,,





untuk contohnya, silahkan simak penjelasan berikut ini..


adapun jawaban dari soal diatas adalah,,,














gimana kawan kawan? mudah bukan....
nah sekarang , untuk contoh soal berikutnya...

untuk jawabannya,,,perhatikan contoh berikut ini.






Determinan



untuk matriks 3x3 , maka determinannya....

contoh soal dari determinan ditunjukkan sebagai berikut .

jawabannya...


nah..untuk beberapa soal dan pembahasan UN, disajikan sebagai berikut ini...

jawaban dari soal diatas adalah,...





untuk soal berikutnya,,disajikan pada soal sebagai berikut



 jawabannya adalah...




gimana gan???
masih kurang soalnya...
ini gua kasih lagi............  #logat jakarta..








semoga membantu ya kawan kawan soal dan pembahasan tentang matriks diatas..
:)

Anda punya kesulitan dalam mengerjakan PR??? mau ulangan atau ujian??? 
kami siap membantu menyelesaikannya hingga selesai . KLIK DISINI!!!


baca juga artikel lainnya...
- contoh soal dan pembahasan barisan geometri
- soal dan pembahasan barisan aritmatika
-mencari mean, median, modus dan kuartil


Ikuti materi ini lagi dan download soalnya ?? klik disini 


 silahkan pelajari materi selanjutnya
contoh soal dan penyelesaian barisan aritmatika 
contoh soal dan penyelesaian barisan geometri

Pendaftaran Jalur Masuk UMBPT Resmi dibuka 27 Mei 2013

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

 (Jakarta, 13 Mei 2013) Perhimpunan SPMB Nusantara (P-SPMBN) dan Universitas Sumatera utara bersama 12 PTN lain dan 8 PTS resmi membuka pendaftaran jalur masuk Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) pada tanggal 27 Mei 2013 - 12 Juli 2013. 
UMB-PT adalah jalur masuk terakhir (ketiga) ke Universitas Sumatera utara dimana setelah jalur ini tidak ada jalur masuk untuk program studi S1. Setelah itu akan ada penerimaan mahasiswa Diploma III (D3) dan Pascasarjana. Jalur terakhir S1 ini tidak lagi dikenal dengan istilah Non Reguler namun tetap sebagai jalur Reguler yang masuk kuliahnya adalah pagi - sore hari. Kebijakan ini didasarkan atas himbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar tidak ada jalur selain jalur Reguler. 
Adapun tanggal-tanggal penting terkait UMB-PT adalah sebagai berikut:
  1. Pendaftaran online   : 27 Mei - 19 Juli 2013
  2. Pembayaran di Bank : 27 Mei - 19 Juli 2013
  3. Cetak Kartu : 20 Juli 2013 (Pukul 11.30 WIB)
  4. Ujian Tulis : 21 Juli 2013
  5. Pengumuman Kelulusan : 28 Juli 2013 pukul 18.00 WIB
Alur pendaftarannya dapat dilihat gambar di bawah ini
alurpendaftaranumbpt
Alur pendaftaran di atas dapat didownload disini
Sementara untuk melihat informasi lengkap dapat dilihat di laman web SPMB. Web resmi UMB-PT adalah http://www.spmb.or.id/ 
Brosur
Detail Pelaksanaan Kegiatan adalah sebagai berikut:
TanggalPenting
Brosur UMB-PT dapat didownload disini

sebagai info tambahan,,
Untuk tahun ini, USU menerima mahasiswa jalur mandiri melalui UMB PT ini . hal ini sedikit berbeda dimana pada tahun2 sebelumnya , sistem seleksi kedua jalur ini antara jalur reguler dan mandiri masih dipisah,namun untuk tahun ini jalur mandiri masuk melalui UMB PT ini.

Semoga membantu!!!!!
:)

Contoh soal dan pembahasan tentang eksponen (perpangkatan)

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum teman teman...
untuk postingan kali ini saya akan berbagi contoh soal tentang eksponen .
sifat sifat perpangkatan ditunjukkan berikut ini.
 

langsung saja ke contoh nomor 1,
soal dan pembahasannya ditunjukkan berikut ini,

 




beberapa contoh lainnya disajikan oleh gambar berikut ini.




untuk contoh soal tentang persamaan eksponen , mari kita simak penjelasan berikut in.
JUAL DVD E LEARNING PELAJARAN SEKOLAH. KLIK DISINI!!!!!




untuk soal kedua,,


untuk soal ketiga,,




untuk soal keempat,,,






selain dari persamaan eksopnen, ada juga pertidaksamaan eksponen. sebagai contoh, saya buat pada gambar berikut ini.


mudah mudahan beberapa contoh diatas dapat membantu para siswa yang sedang belajar . Semangaat!!!
:)

Anda punya kesulitan dalam mengerjakan PR??? mau ulangan atau ujian??? 
kami siap membantu menyelesaikannya hingga selesai . KLIK DISINI!!!


baca juga artikel lainnya...
- contoh soal dan pembahasan barisan geometri
- soal dan pembahasan barisan aritmatika
-mencari mean, median, modus dan kuartil


Ikuti materi ini lagi dan download soalnya ?? klik disini 


Sabtu, 15 Juni 2013

contoh soal dan pembahasan fungsi komposisi dan invers

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

assalamu'alaikum teman teman....
setelah berkutat dengan dunia kuliahan yang begitu padat, di sela sela hilir mudiknya kegiatan kampus dan ngajar, saya sempatkan untuk menulis beberapa pembahasan soal tentang fungsi komposisi dan invers.
sebelum ke pembahasan , saya sapa lah dulu para pembaca sekalian. apa kabarnya kawan kawan semua??
sehatkah?? alhamdulilah....semoga Allah selalu melimpahi kesehatan dan kerahmatan untuk kita semua . amiiin.
Bagi yang sedang sakit, semoga lekas sembuh , pasti ada hikmah di balik sakit itu.
bagi adik2 yang baru lulus UN, selamat ya...atau yang baru lulus SNMPTN,  luar biasa!!! ini adalah jalan menuju sukses. tapi bagi yang belum lulus snmptn, jangan sedih lah.....kamu gak sendirian kok. mash ada untuk mencoba SBMPTN di hari selasa  nanti.

okelah, untuk kali ini , yang akan kita bahas adalah soal dan pembahasan fungsi komposisi dan invers untuk SMA . sumber soal ini berasal dari situs belajar-matematika.com dan beberapa buku BSE Mendiknas.

lanjut ke teorinya....


Aljabar Suatu Fungsi
Dalam bilangan real, kita sudah mengenal beberapa operasi aljabar, antara lain penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan. Operasi aljabar tersebut dapat juga diterapkan dalam fungsi. Misalkan diketahui dua fungsi f(x) dan g(x). Operasi aljabar pada kedua fungsi tersebut adalah sebagai berikut.



nah sebagai contoh dari teori diatas, disajikan contoh fungsi komposisi berikut ini,,



coba perhatikan baik baik soal diatas. gampang kan?? berikut ini jawabannya,,,


itu dia contoh yang pertama , sekarang perhatikan contoh kedua tentang fungsi komposisi ini.

penyelesaian dari contoh komposisi diatas dijelaskan oleh uraian berikut ini.




selanjutnya , untuk contoh ketiga , disajikan soal berikut ini ,


 

ingat kembali rumus yang telah dituliskan diatas. sudah ingat?? sukur lah...heheh. cek jawaban kamu disini.

 

 FUNGSI KOMPOSISI
 

uraian diatas masih pemanasan dulu. sekarang mari kita tingkatkan level soal tentang fungsi komposisi ini. berikut soalnya...

 jawaban dari soal diatas adalah,,





 gimana ? sudah jelaskah??
:)
tenang kawan..ini mudah loh, kamu hanya perlu sering latihan aja. nah, soal keempat disajikan sebagai berikut.



 jawaban dari soalnya adalah sebagai berikut .



nah , berikut ini saya lampirkan beberapa soal dan jawaban tentang fungsi komposisi dan invers ini. silahkan dipelajari yaak!!
:)

soal no. 6,
 
jawabnnya,


 

soal no. 7
 
 jawabannya,,
 

 

 soal no. 8,


 jawabannya,,
  

nah soal yang telah dijelaskan diatas merupakan soal soal tentang fungsi komposisi. untuk pembahasan berikut nya kita akan membahas tentang fungsi invers ,
penjelasan tentang fungsi invers dijelaskan sebagai berikut ,







 biar lebih jelas tentang uraian diatas, berikut ini disajikan soal soal beserta pembahasan fungsi invers ,

 

penyelesaiannya.....


soal kedua ,



jawaban dari soal diatas adalah,,,





soal ketiga ,
 

jawabnnya,,,,,




soal keempat,,



jawabnya...


 
 selain cara satu diatas, ada juga cara yang lain ditunjukkan olej uraian berikut ini.,


 itu dia penjelasan tentang fungsi invers . nah bagaimana jika perpaduan antara fungsi komposisi dan fungsi invers???
bagaimana cara mengerjakannya??
tenaaaang kawaannnn...
simak lagi penjelasan nya....




 contoh soal untuk bagian ini , disajikan sebagai berikut,,


jawabnnya adalah,,,




 bagaimana kawan kawan??? bisa kan??? pasti bisa laaah... mudah lah pulak... nah...soal dan penjelasannya yang telah diuraikan diatas saya dapat dari buku sekolah elektronik(bse) mpuny kemendiknas. :)

nah kali ini kita akan berbagi soal dan pembahasan yang ada di ujian nasional. nah soal soal ini saya dapat dari situs berikut
 www.belajar-matematika.com
ini dia soal dan pembahasannya...
  

jawabnnya adalah...
  

soal berikutnya...
  

jawabannya adalah,,,
  

soal ketiga,,,
  
jawabannya adalah...

 
 soal keempat,,,

 jawabannya...
 


soal kelima.,,
  
 jawabannya adalah.,,..



 

wah...capek juga ternyata ngetiknya ya...heheh
tapi ..gk pa pa lah...semoga apa yang saya lakukan ini bisa berguna ara pembaca semua nya ....
amiiiin....

nah...mungkin kawan kawan ingin mendownload file ini agar bisa dibaca kapan saja.,,silahkan klik link berikut ini..
 soal dan pembahasan fungsi komposisi dan invers


semangat ya kawan kawan belajarnya. you will get the best if you try hard!!!!
:)
Anda punya kesulitan dalam mengerjakan PR??? mau ulangan atau ujian??? 
kami siap membantu menyelesaikannya hingga selesai . KLIK DISINI!!!


baca juga artikel lainnya...
- contoh soal dan pembahasan barisan geometri
- soal dan pembahasan barisan aritmatika
-mencari mean, median, modus dan kuartil


Ikuti materi ini lagi dan download soalnya ?? klik disini 


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TAMPILAN :

Teman teman :